PROFIL TK


Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal Singkar adalah TK berstatus Swasta dan sebagai Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal Tingkat Kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.

Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal merupakan satuan PAUD yang dikelola oleh Yayasan Muhammadiyah. Taman Kanak-kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal Singkar memiliki izin operasional No. 421.1/1746.ai/Kpts/200 dengan status terakreditasi B Nomor 10.01/BAP-SM/TU/XI/2012. Sesuai dengan Permendikbud 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD, bahwa lingkup perkembangan anak mencakup 6 aspek yaitu: nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional dan seni.

Tujuan Penyusunan Kurikulum TK:

Kurikulum TK ABA Singkar disusunan sebagai
  1. Acuan bagi Guru dalam menyusun program layanan kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung pencapaian keberhasilan belajar anak.
  2. Informasi tentang program layanan PAUD yang diberikan oleh satuan PAUD kepada peserta didik
  3. Dokumen program yang diperlukan untuk pemberian pembinaan
  4. Memberikan panduan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan program pembelajaran di TK ABA Singkar
Sesuai dengan Standar PAUD merupakan bagian dari Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendikbud Nomor 147 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, yang dirumuskan dengan mempertimbangkan karakteristik penyelenggaraan PAUD. Standar Pendidik(guru, guru pendamping, dan pengasuh) dan tenaga kependidikan memuat kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan Standar isi, proses, dan penilaian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian program yang dilaksanakan secara terintegrasi/terpadu sesuai dengan kebutuhan anak.

Kepala TK Bertanggung Jawab dalam:

  1. Pengembangan program Taman Kanak-kanak
  2. Mengkoordinasikan Guru-guru Taman Kanak-kanak
  3. Mengelola administratif Taman Kanak-kanak
  4. Melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak
  5. Melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran di Taman Kanak-kanak.

Guru Bertanggung Jawab dalam:

  1. Menyusun rencana pembelajaran
  2. Mengelola pembelajaran sesuai dengan kelompoknya
  3. Mencatat perkembangan anak
  4. Melakukan kerjasama dengan orangtua dalam program parenting

Karakteristik Kurikulum TK

1. Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Prinsip yang digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini adalah sebagai berikut:
  1. Belajar melalui bermain dapat memberikan pembelajaran yang bermakna
  2. Berorientasi pada perkembangan anak sesuai dengan tahapann usia anak
  3. Berorientasi pada kebutuhan anak mampu memberi rangsangan pendidikan atau simulasi sesuai kebutuhan anak
  4. Berpusat pada anak untuk menciptakan suasana yang bisa mendorong semangat belajar
  5. Pembelajaran aktif mampu menciptakan suasana yang mendorong anak aktif mencari atau berani dalam berinisiatif
  6. Berorientasi pada pengembangan langsung, pengetahuan, dan keterampilan pada nilai-nilai karakter
  7. Berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup untuk mengembangkan kemandirian anak
  8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif agar nyaman bagi anak
  9. Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis untuk mengembangkan rasa saling menghargai
  10. Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber agar pembelajaran lebih kontektual dan bermakna.